Jumat, 28 Agustus 2020

LOCAL AREA NETWORK

        Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur.Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. 

        Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 

2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 

3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi 

        Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.


A.    PRINSIP KERJA LOCAL AREA NETWORK

        Prinsip Kerja LAN , LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. 

        Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN.


B.    ALAT UNTUK MEMBANGUN JARINGAN LAN

Router 

3 Fungsi Router, Pahami Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Modem |  merdeka.com

        Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN . 

Switch 

harga jual switch Lan HUB DLINK DGS-1016D 10/1000 16 Port malang

        Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN . 

Ethernet Card 

Jual D-LINK PCI Express 10 Gigabit Ethernet Adapter Network Card DXE-810T -  Kota Bandung - Ultima | Tokopedia

        Ethernet card adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi. 

Ethernet Cable 

Commercial Electric 15 ft. CAT5e UTP Ethernet Cable, Yellow-575698-15 - The  Home Depot

        Yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer. 

Modem

What is a Modem?

        Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem. Jika anda tidak membeli sebuah modem, maka komputer anda hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut. 

Crimping tool

Jual TRENDNET Crimping Tool TC-CT68 | Bhinneka

        Crimping tool adalah peralatan yang digunakan untuk meng-crimping RJ-45 atau RJ-15 yang sudah terpasang kabel UTP dengan benar.

LAN tester

LAN Tester, Alat Cek Kabel LAN - Pendeteksi Aliran dan Jaringan Komputer

     LAN tester digunakan untuk testing kabel LAN telah dipasang/dirakit dengan benar atau tidak.


C.    BENTUK JARINGAN LAN

        Gambar di atas merupakan contoh sederhana dalam penerapan jaringan LAN. Umumnya jaringan LAN ada pada sebuah perkantoran, gedung pendidikan, atau pada sebuah warnet. Dengan menggunakan jaringan LAN ada beberapa keuntungan yang didapat, antar lain;

        1.   Pertukaran file (file sharing) antar komputer dalam jaringan LAN
        2.   Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua klien (printer sharing)
        3.   File data yang keluar / masuk dari server dapat dikendalikan
        4.   Proses back up data menjadi cepat dan mudah
        5.   Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan email dan chat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar